Breaking News

Wanita Luar Biasa 2013, Berikut Alasan CNN Memilih Tujuh Sosok Ini

Malala, remaja ini tak gentar, ia terus pergi ke sekolah di Pakistan hingga ada yang menembak kepalanya, dua tahun kemudian ia menjadi simbol - ILUSTRASI INEZ TORRE/CNN.COM



ROBERTUSSENJA.COM
- The Cable News Network (CNN) saluran berita kabel didirikan pada tahun 1980 oleh media Amerika ini merilis tujuh wanita yang dinilai luar biasa dari waktu ke waktu. Penghujung 2013 CNN memilih tujuh wanita yang dinilai mewakili tiap bidang dan layak sebagai inspirasi bagi wanita lain di dunia.

Dari seorang gadis 16 tahun yang mengambil alih PBB lalu pemenang Hadiah Nobel tahun ini untuk Sastra, juga beberapa wanita yang luar biasa yang telah menangkap perhatian dunia pada tahun 2013. Untuk menghormati prestasi mereka, CNN mengambil melihat beberapa wanita ini dinilai layak disebut sebagai wanita luar biasa tahun ini.


Pendidikan: Malala Yousafzai

Semula yang diinginkan Malala sangatlah sederhana ia hanya ingin mendapatkan pendidikan. meskipun meningkatnya ancaman dari Taliban remaja ini tak gentar, ia terus pergi ke sekolah di Pakistan. Dia menolak untuk mundur sehingga Taliban menembaknya di kepala. Dua tahun kemudian, Malala telah menjadi simbol pembangkangan dan pemberdayaan perempuan. Pada tanggal 12 Juli - ulang tahun ke-16 - ia memberikan pidato kuat di PBB menyerukan akses di seluruh dunia untuk pendidikan.



Angela Merkel - ILUSTRASI INEZ TORRE/CNN.COM

Politik: Angela Merkel
Pemimpin Uni Demokrat Kristen dijamin jabatan ketiga sebagai Kanselir Jerman pada tanggal 22 September. Dia telah terbukti menjadi pemimpin yang populer dengan penilaian persetujuan konsisten kuat serta mengelola negara untuk tingkat pengangguran terendah dalam 20 tahun. Setelah menyelesaikan masa jabatan ketiga nya, Merkel akan menjadi perempuan terlama yang terpilih sebagai kepala pemerintahan dalam sejarah.


Karen Nyberg - ILUSTRASI INEZ TORRE/CNN.COM

Ilmu Pengetahuan: Karen Nyberg
Pada tanggal 16 Juni 1963, kosmonot Soviet Valentina Tereshkova membuat sejarah sebagai wanita pertama yang melakukan perjalanan ke ruang angkasa. 50 tahun kemudian, pada ulang tahun penting ini, Insinyur Penerbangan NASA Karen Nyberg baru mulai 167-hari dengan tugas terbarunya di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Marin Alsop - ILUSTRASI INEZ TORRE/CNN.COM

Seni: Marin Alsop
Berdiri di atas podium dirigen, jentikan tongkat nya menandai awal dari acara tahunan terbesar dalam kalender musik klasik - the Last Night of the Proms. Marin Alsop mengambil panggung megah di Royal Albert Hall London pada tanggal 7 September. Ia menjadi Konduktor Amerika wanita pertama dalam sejarah 118-tahun prom untuk memimpin acara terkenal.

Alice Munro - ILUSTRASI INEZ TORRE/CNN.COM

Literatur: Alice Munro
Hadir sebagai "master cerita pendek kontemporer," Kanada, Alice Munro memenangkan Hadiah Nobel 2013 untuk Sastra. Penghargaan bergengsi ini diberikan pada Munro - yang karyanya sering disamakan dengan penulis yang banyak dikagumi, Anton Chekhov. Ini membuatnya menjadi wanita ke-13 dalam sejarah Hadiah Nobel untuk memenangkan penghargaan sastra.

Andrea Ahrents - ILUSTRASI INEZ TORRE/CNN.COM

Bisnis: Andrea Ahrendts
Andrea Ahrendts menjadi berita utama pada bulan Oktober ketika diumumkan ia mengundurkan diri sebagai Chief Executive Burberry untuk bergabung Apple sebagai wakil presiden baru mereka untuk toko ritel dan online. Selama masa jabatannya sebagai CEO, dia merevolusi pengalaman ritel label mewah melalui platform digital yang inovatif.

Yoani Sanchez - ILUSTRASI INEZ TORRE/CNN.COM

Keadilan: Yoani Sanchez
Blogger Yoani Sanchez mendapatkan ketenaran global melalui blog-nya yang menonjol "Generasi Y" di mana ia mengungkapkan realitas kehidupan di zaman modern Kuba. Critical of Raul and Fidel Castro, menggapai semua orang di seluruh dunia dalam 20 bahasa - meskipun hanya beberapa rekannya Kuba yang mampu membacanya. Setelah pembatasan perjalanan Yoani dicabut pada Kuba awal tahun ini, Sanchez kembali memulai tur 80 hari di 10 negara.(*)





No comments