Breaking News

Jangan Kaget Iklan FACEBOOK Segera Bikin Anda Kaget

Facebook seperti candu, bentuk tongkrongan baru berbagai usia bisa terhubung meski berbeda belahan dunia. Siap-siap, jangan kaget iklan Facebook yang segera bikin anda kaget - FOTO SHUTTERSTOCK.


ROBERTUSSENJA.COM
- Sejak muncul jejaring sosial Facebook, Mark Zuckerberg sebagai pemilik melakukan berbagai upaya agar media ini bisa bertahan di tengah sengitnya kreativitas media sosial menarik khlayak. Mulai dari sisi keamanan atau anti hacking, seperti diketahui bila dulu ada pilihan http atau https sekarang semua harus https untuk menjamin keamanan akun facebook. Meskipun imbasnya loading akan makin lama apalagi dengan jaringan internet Indonesia yang dikenal makin lemot.

Beberapa waktu lalu bahkan sempat Facebook yang ditendang ke bursa saham mengalami penurunan penghasilan, gara-gara belum ada pemasukan signifikan seperti iklan terutama pada perangkat mobile seperti ponsel. Iklan FB di ponsel saat itu belum ada bahkan sulit untuk masuk. Namun kini berbeda, soal iklan FB sudah melakukan berbagai inovasi.

Facebook sukses menyediakan tempat beriklan berbasis teks dan gambar. Dan kali ini Facebook akan segera menjual iklan video di waktu dekat berdasar sumber dalam lingkaran pengelola FB.

Seperti dilansir dari Kompas.com, The Wall Street Journal melaporkan, iklan video akan ditempatkan pada lini massa akun pengguna, baik di perangkat mobile maupun komputer pribadi. Iklan video akan bermain secara otomatis, sekalipun pengguna mematikan volume suara. Jadi bersiaplah, bisa jadi iklan-iklan tersebut akan mengagetkan Anda.

Belum diketahui berapa banyak perusahaan atau organsasi yang niat memasang iklan video di Facebook. Yang jelas, langkah ini diprediksi akan merebut kue iklan media televisi di masa depan.

Rencana Facebook membuka lapak untuk iklan video telah beredar sejak Agustus 2013, durasinya ditawarkan adalah 15 detik. Belum diketahui berapa harga yang ditetapkan Facebook untuk sebuah iklan video.

Pekan lalu, beberapa pengguna Facebook melaporkan telah melihat iklan video yang bermain secara otomatis. Besar kemungkinan, Facebook sedang menguji teknologi iklan videonya tersebut.

Pada kuartal dua tahun 2013, jejaring sosial internet terbesar ini membukukan pendapatan sebesar 1.813 miliar dollar AS, dengan laba bersih sebesar 333 juta dollar AS. Kontribusi terbesarnya berasal dari iklan, yakni sebesar 88 persen.

Keuntungan Facebook dari iklan di kuartal kedua 2013 mencapai 1,6 miliar dollar AS atau naik 61 persen dari periode yang sama tahun 2012.

Total pengguna Facebook pada Juni 2013 mencapai 1,15 miliar pengguna aktif bulanan, 819 juta di antaranya menggunakan ponsel, dan 699 juta adalah pengguna aktif harian.


Mengapa Beriklan di Facebook Efektif?


Banyaknya pengguna dan familiar dengan jejaring sosial ini menjawab pertanyaan di atas. Begitu iklan dipasang di FB, asal menggunakan kalimat yang menarik, iklan tersebut akan segera diklik atau dilihat oleh khalayak. Bahkan pengiklan bisa merancang sasaran usia, jenis kelamin, hal yang disukai, pendidikan dan sebagainya.

Seperti dilansir dari wikipedia, iklan Facebook atau Facebook Ads merupakan fitur yang ditawarkan oleh Facebook untuk mempromosikan atau mengiklankan suatu Fan Page yang sebelumnya sudah dibuat oleh pengguna Facebook dengan jangkauan yang berbeda dan dapat diatur oleh pemasang iklan tersebut.

FB memiliki pengguna dengan lebih dari 1 miliar pengguna di seluruh dunia, sehingga dapat dikatakan bahwa Iklan Facebook merupakan iklan dengan jangkauan yang luas hingga dapat mencapai target 1 miliar pengguna di seluruh dunia. Aturannya sederhana, para pengiklan sebelumnya harus memiliki halaman Fan Page yang memungkinkan untuk para pengguna Facebook lainnya memberikan LIKE atau menjadi penggemar atas Fan Page tersebut, dan Fan Page tersebut dapat berupa perusahaan, produk layanan, individu, merek dagang, dan lain sebagainya.

Dalam perancangan iklannya, para pengiklan dapat dengan spesifik mengatur target pasar yang ingin mereka tuju, seperti wilayah geografi, gender atau jenis kelamin, umur, hal yang disukai, status pernikahan, pendidikan, dan lain sebagainya, dan setelah pengiklan memilih karakter target iklan apa saja yang akan dipilih, ia akan mengetahui berapa banyak jumlah target iklan mereka, dan hal tersebut membuat iklan yang dibuat menjadi lebih efektif dan tepat pada sasaran.

Tahapan Iklan

Pengaturan Iklan : terdapat 3 pilihan dalam menggunakan layanan iklan Facebook yaitu Get More Page Likes, Promote Page Posts dan Advanced Options. Get More Page Likes adalah iklan yang judul, teks, dan gambarnya dapat dibuat sendiri oleh pengiklan. Promote Page Posts adalah pilihan yang akan menampilkan salah satu posting terbaru di halaman Fan Page. Advanced Options merupakan pilihan iklan yang memungkinkan untuk para pengiklan memilih sendiri iklan yang ingin di promosikan serta harga yang ingin dibayarkan melalui iklan tersebut.

Pilih Target Khalayak yang tepat : setelah memilih model iklan yang diinginkan, para pengiklan harus memilih kategori-kategori target khalayak dari iklan yang ingin dibuat agar iklan lebih spesifik dan tepat sasaran. Kategori yang dapat dipilih antara lain wilayah geografi, gender atau jenis kelamin, umur, hal yang disukai, status pernikahan, pendidikan, dan lain sebagainya.

Harga dan penjadwalan iklan : pada tahap ini, para pengiklan diwajibkan untuk memberikan nama bagi kampanye dan iklan yang dibuatnya serta merancang jadwal kapan saja iklan tersebut akan ditayangkan. Selain itu para pengiklan akan menuliskan budget iklan yang akan dikeluarkan perharinya, seperti contoh jika pengiklan memiliki budget 100$ untuk 10 hari masa iklan maka ia dapat memilih pilihan 10$ per harinya atau 100$ untuk lifetime budget. Terdapat dua metode pembayaran yaitu CPM (cost per mille, which is cost per 1000 impressions) yaitu harga iklan yang diberlakukan adalah harga per 1000 kali penayangan iklan dan CPC (cost per click) yaitu harga yang telah disesuaikan dengan jumlah klik yang sudah dilakukan oleh para khalayak.

Konsep Komunikasi yang Dibangun

Iklan di FB merupakan satu bentuk dari kegiatan komunikasi. Komunikasi sendiri memiliki 5 konsep dasar yaitu pengirim pesan yang dalam hal ini adalah pengiklan, Penerima pesan yang dalam hal ini adalah khalayak, pesan yang dalam hal ini adalah isi dari iklan yang ingin disampaikan, media yang dalam hal ini adalah teknologi iklan Facebook itu sendiri, serta tujuan yang dalam hal ini adalah tujuan yang ingin dicapai oleh pengiklan, seperti misalnya ingin meningkatkan penjualan, ingin lebih dikenal, dan lain sebagainya.

Dari konsep-konsep komunikasi yang sudah dijelaskan, dapat dilihat bahwa konsep komunikasi yang dapat menjelaskan Iklan Facebook sebagai alat komunikasi adalah konsep iklan Facebook sebagai media komunikasi. Iklan Facebook sebagai media sangat mudah terlihat, dimana iklan sendiri merupakan bagian dari media dalam kegiatan komunikasi.

Sebagai media, iklan Facebook memiliki fungsi dan manfaat untuk menyalurkan pesan dari pengiklan ke para khalayak atau target pasar guna untuk mencapai tujuan yang diingini oleh pengiklan itu sendiri. Sebagai media pengiklan, Dalam konsep AIDA, iklan Facebok dapat dikatakan cukup efektif karena mampu memenuhi semua unsur dalam konsep tersebut, yaitu Attention atau perhatian, yang mana iklan Facebook ini dapat menangkap perhatian dari para khalayak karena iklan akan tampil di bagian kanan halaman Facebook mereka, Interest atau minat, yang mana setelah mereka tertarik dengan iklan tersebut, mereka akan memiliki minal untuk mengetahui lebih jauh mengenai isi iklan yang disampaikan, Desire (hasrat), setelah memiliki minat makan para khalayak akan memiliki hasrat untuk memiliki sesuatu yang ditawarkan di iklan Facebook, lalu Action atau tindakan, yaitu proses akhir dimana khalayak akan bertindak lebih jauh untuk melakukan hal yang menjadi tujuan dari iklan tersebut, seperti tindakan membeli produk, menggunakan jasa yang ditawarkan, dan lain sebagainya.

FB memang mengejutkan, berbagai hal bisa ditemui di sini. Seolah mendapatkan berbagai manfaat dalam satu tempat, baik buruk maupun positif. Saat ini hampir semua perusahaan, lembaga dan organisasi tak bisa lepas dari FB untuk promosi maupun sosialisasi. Jadi siap-siap untuk dikagetkan iklan facebook. Tengah malam bisa saja anda kaget dengan video yang tiba-tiba bersuara meski volume suara sudah anda matikan. (*)

1 comment: