Breaking News

Berlibur Sendirian? Berani? Ini Tipsnya

Melakukan perjalanan atau liburan sendirian ternyata ada sensasinya, ini catatan perjalanan Nikki Bayley seorang pelancong solo sejati. Berikut serunya sekaligus tips dari dia - FOTO FREDERIC J BROWN/AFP/GETTY IMAGES.


ROBERTUSSENJA.COM
- Jarang ada orang yang nekat keliling dunia sendirian, namun berbeda dengan satu sosok ini. Nikki Bayley seorang wanita yang nekat melakukan perjalanan sendirian. Ia menulis catatan penting tips untuk melakukan perjalanan seorang diri. Ini tulisannya seperti yang dikutip ROBERTUSSENJA.COM dari CNN Selasa (10/12/2013) lalu.

Berikut artikelnya:

"Untuk beranjak sendirian ke sebuah kota yang 'aneh' adalah sebuah sensasi paling misterius di dunia".   Freya Stark Penulis perjalanan besar dalam bukunya yang diterbitkan pada tahun 1932 berjudul 'Sketsa Baghdad '.

Itu sudah menjadi motto saya untuk melakukan perjalanan solo melalui 30 negara dalam 21 tahun. Aku mengambil perjalanan pertama saya sendiri, ke Yunani , pada umur 22 tahun.

Aku ingat berjalan ke pantai , Nirvana 'Nevermind' menggelegar di headphone saya , dan menyadari: tidak ada yang tahu di mana sih saya .

Saya telah mengejar perasaan euforia sejak itu.

Namun banyak orang yang mungkin ingin melakukan perjalanan sendiri namun tidak pernah melakukan.

Mereka takut akan merasakan kesepian atau merasa bosan.

Mereka khawatir tentang bahaya.

Menyerah pada ketakutan ini , bagaimanapun , dan Anda akan kehilangan salah satu pengalaman perjalanan yang paling membuat Anda kecanduan.

Ketujuh tips ini akan mempersiapkan Anda untuk petualangan solo.

1 . Belajarlah untuk menyukai teman perjalanan Anda

" Tapi aku akan kesepian! "

Ini mungkin teriakan yang paling umum dari orang-orang yang belum pernah bepergian sendirian .

" No: Anda tidak akan," tulis Andrew O'Hagan di blog New York Times.
"Perjalanan solo saya di Paris telah membawa banyak waktu sempurna sendirian tapi tidak merasa kesepian, " tulisnya .

" Orang-orang yang bergantung pada orang lain sering bersembunyi dari diri mereka sendiri."

Traveling sendirian membawa Anda berhadapan dengan diri sendiri - dengan kegagalan Anda dan kekuatan Anda .

Tapi akan terjadi konfrontasi yang tak terelakkan dalam diri lebih baik jangan menundanya .

Anda bahkan tak menyadari ternyata menemukan sesuatu yang disukai dalam perjalanana sendiri, yang tak terjadi ketika melakukan perjalanan bersama orang lain.

2 . Bersenang-senanglah dalam Keegoisan Anda
Karena tidak ada seorang pun ikut kecuali diri Anda dan tak ada yang ikut memutuskan apa yang harus dilakukan setiap hari dalam perjalanan solo, ini adalah sebuah kemewahan langka .

Bayangkan: tidak ada yang mencibir jika Anda ingin mencari bioskop rumah seni lokal dan menonton film hitam- putih tua sepanjang hari.

Tidak ada yang mengeluh atas cinta Anda pada sebuah traktor museum.

Tidak ada yang mengeluh ketika Anda memilih melihat lihat di sebuah galeri selama 30 menit bukannya beranjak untuk jalan-jalan.

"Tidak pernah akan merasa bersalah karena ketinggalan kereta api dari Florence ke Roma... tidak akan pernah Anda harus meminta maaf kepada siapa pun untuk tidur larut di asrama, " ujar Katka Lapelosa di situs wisata Matador Network.

"Kau tidak memiliki perasaan orang lain untuk mempertimbangkan dan itu kadang-kadang alasan yang paling menggembirakan untuk bepergian sendirian."

3 . Percaya Diri
Kunci untuk perjalanan solo adalah percaya diri, bahkan jika Anda tidak selalu merasakannya .

The US Peace Corps memiliki saran ini untuk pelancong: "Berjalan penuh percaya diri ... dan memakai kacamata hitam jika perlu Anda berjalan dengan kepala terangkat tinggi ".

Lebih khusus: ketika bepergian sendirian, selalu pergi ke sebuah toko untuk berkonsultasi dengan penjaga toko bertanya tentang peta. Kemudian melangkah pergi dengan penuh percaya diri.

4 .Realistis tentang Bahaya
Bepergian sendiri bisa mengundang bahaya, ingat bahwa Anda bisa (tapi mudah-mudahan tidak akan) dengan mudah dirampok atau diserang ketika sendirian di sebuah kota. Kuncinya waspada. Namun tempat asing belum tentu lebih berbahaya.

Statistik menunjukkan bahwa insiden serius jarang menimpa wisatawan. Statistik insiden yang memengaruhi wisatawan tunggal khusus sulit ditemukan. Tapi secara statistik Departemen Luar Negeri Kanada mencatat, untuk setiap satu juta warganya bepergian ke luar negeri, lima diserang atau dibunuh.

5 . Solomngarephobia
Pikiran makan malam sendirian menakutkan beberapa orang. Ketakutan ini bahkan memiliki nama: solomangarephobia .

Namun  mengandalkan makanan cepat saji ketika bepergian sendirian dianggap sebagai kejahatan terhadap sebuah kenikmatan atas masakan .

Keluar mencari makan malam juga merupakan cara yang baik untuk menemukan teman baru - bahkan jika Anda tidak berniat untuk itu.

"Hal yang menarik adalah bahwa Anda hampir selalu berakhir berbicara dengan orang di sebelah Anda, ironisnya, pengalaman sosial," kata pemilik restoran London Russell Norman.

6 . Andalkan Media Sosial
Kehilangan kerabat atau keluarga dalam kurun waktu tertentu karena sebuah perjalanan sendiri tidak semuanya buruk. Itu hanya membuat perasaan sedih namun bisa membuat kita belajar untuk menghargai.
Jadi jangan lupakan jatah pesan SMS, email dan panggilan Skype dan benar-benar memperhatikan apa yang terjadi di sekitar Anda untuk kerabat dan keluarga. Rasa luar biasa akan muncul ketika akhirnya dipersatukan kembali dengan teman dan keluarga.

7 . Ingat Pengelolaan Uang
Dengan melakukan perjalanan solo artinya Anda tidak dapat berbagi harga kamar atau makan, Anda juga tidak akan menghemat ongkos tak sama seperti ketika Anda melakukan perjalanan bersama partner.

Intinya adalah , menerima bahwa dalam beberapa hal, dalam keadaan tertentu, bepergian sendiri lebih mahal daripada bepergian dengan orang lain. Kemudian berpikir bagaimana melakukan pengelolaan.

Kecuali Anda menemukan seseorang yang sama-sama terjebak seperti Anda dan sepakat untuk melakukan petualangan bersama yang tak terlupakan, itu adalah penghematan yang tak ternilai.(*)


No comments