Breaking News

Wah, Bondan & Fade 2 Black Mau Bikin Album Dangdut


Oleh : Robertus Rimawan

Foto Vanny Nangoy - Bondan & Fade 2 Black 
sempat kunjungi Tribun Manado sebelum pentas di Manado
ROBERTUSSENJA.COM - Bukan Bondan & Fade 2 Black kalau tak memberikan kejutan, kelompok yang dikenal memiliki kreativitas dalam bermusik, menggabungkan berbagai aliran musik hingga enak dinikmati telinga anak muda ini, memiliki rencana akan membuat album dangdut, Rabu (2/11/2011).

"Dangdut kenapa tidak, bisa jadi kita akan membuat album dangdut, semua aliran musik bisa dinikmati, tinggal bagaimana mengemasnya," ujar Bondan Prakoso yang datang bersama Fade 2 Black sebelum hebohkan Manado di gelaran LA Lights Concert di Lapangan Basket Megamas Manado malam nanti.

Dedengkot kelompok musik yang sering membuat histeris remaja putri ini bahkan tak pungkiri kelompok musiknya juga mengagumi sosok Rhoma Irama. "Roma Irama bisa juga jadi panutan, aliran musik apapun bisa jadikan inspirasi. Namun tetap musik-musik kami berciri khas memberikan semangat atau motivasi," imbuh Bondan.

Menurutnya konsep lirik provokasi positif, motivasi dan edukasi akan menjadi 'trademark' Bondan & Fade 2 Black. Meski di Indonesia saat ini area dagang musik Indonesia banyak bicara tentang cinta, perselingkuhan, namun grup musiknya akan eksis menggelorakan kebaikan dengan ciri edukasi dan motivasi.

Bondan mencontohkan aliran musik bernuansa rap di kelompoknya, tak lepas dari perjalanan sejarah rapper di Amerika. Bila dulu sekitar tahun 1980-1990-an masa-masa perjuangan, dengan tingkat ekonomi yang belum bagus gaya pakaian dengan lirik masih membawakan nuansa realita sekitar perjuangan. "Beda saat ini, rapper-rapper sana menunjukkan kehidupan glamour dengan baju bagus, kalung emas dan lirik yang menunjukkan tingkat atas," jelasnya. Gaya tersebut tak bisa diterapkan di kelompok Bondan & Fade 2 Black. "Kami masih dengan budaya Indonesia tetap biasa-biasa dan menyuarakan kebenaran dengan ciri kami," kata Bondan.
Foto Vanny Nangoy - Hehe saya ikut mejeng yah 
bareng Bondan & Fade 2 Black. Foto diambil seusai saya wawancarai.

Pada LA Lights Concert malam itu Bondan & Fade 2 Black akan membawakan sekitar 12 lagu. Ada sedikit perbedaan, bila pada Juni lalu Bondan dkk manggung indoor di Manado, saat ini dengan konsep outdoor. "Secara konsep sama dengan lalu, bedanya kami akan tonjolkan di sisi spontanitas atau improvisasi," kata Bondan.

Bahkan nanti kelompok ini akan berikan kejutan dengan sedikit performance dance dari personel Bondan & Fade 2 Black. "Bila perlu kalau ada tiang nanti saya akan joget," canda seorang personel Bondan & Fade 2 Black.

Kejutan lain, Bondan & Fade 2 Black mengaku selain membawakan lagu karya mereka, juga akan membawakan lagu beberapa lagu populer seperti 'Keong Racun', 'Udin Sedunia', 'Susis' atau bahkan 'Alamat Palsu'. "Tonton aja nanti perfomance kami," kata Bondan

Tentang popularitas Bondan di lagu 'Lumba Lumba' apakah ada menyanyikan ulang dengan tema yang sama namun dibuat lebih kreatif, Bondan mengaku tema tersebut sudah tak sesuai usianya. Meski demikian tak menutup kemungkinan lagu 'Lumba Lumba' bisa ia nyanyikan bersama penyanyi lain. "Semua bisa saja kalau ada kesempatan dan Kaka Slank mau kenapa tidak, saya akan duet dengannya di lagu 'Lumba Lumba," kata dia.

Berbincang dengan personel Bondan & Fade 2 Black bagai mengobrol dengan rekan teman lama. Guyonan-guyonan kreatif anak muda kental saat bertamu di Tribun Manado. Atmosfir keakraban dan persaudaraan Bondan & Fade 2 Black sangat terasa meski baru saja bertemu. Menunjukkan sosok artis yang juga merakyat, akrab dengan siapa saja.

Sebelum ke Manado, grup musik ini manggung di Jayapura, dan ada sekitar 7 ribu penonton. Sungguh jumlah yang tak mereka sangka, selain itu kondisi Jayapura juga tak seperti pemberitaan media. Situasi di Jayapura aman, konser lancar. Grup musik ini menduga seperti halnya Jakarta dengan tudingan banyak copet, satu daerah ada peristiwa pencopetan dan dipukul rata Jakarta banyak pencopet, padahal tidak. Demikian dengan Jayapura, hanya daerah-daerah tertentu ada kejadian tapi semua dianggap sama.

Kunjungan Bondan & Fade 2 Black tak berlangsung lama, seusai perjalanan dari Surabaya sekitar 4 jam sampai Manado, mereka harus makan dan menuju hotel untuk persiapan konser nanti. Kelompok musik ini mengundang semua penikmat musik untuk datang dan meramaikan di LA Light Concert, mereka menjamin tak akan kecewa karena berbagai kejutan penampilan telah mereka siapkan. (*)

No comments