Breaking News

Divortiare. Tak Ingin Cerai, Baca Novel Ini



All you have to do is just give your best and never give up - REPRO NOVEL DIVORTIARE

ROBERTUSSENJA.COM
Judul Novel          : Divortiare
Karya                   : Ika Natassa
Penerbit               : PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal                    : 320 halaman



Tak ingin cerai, baca novel ini? Serius?.....Bila ini yang ditanyakan, saya akan menjawab, ya, absolutely. Bila ditambah lagi dengan pertanyaan berikutnya. Sebegitu hebatkah buku ini sampai bisa mencegah perceraian? Jawaban saya sama, absolutely, ya.

INGAT, saya tak mengenal pengarang novel ini Ika Natassa sehingga opini ini bukan untuk menyenangkan teman, menyenangkan seseorang yang dikenal tapi karena mencintai karyanya setelah membaca 320 halaman plus tiga halaman pujian dari para tokoh yang membaca dan tentang penulis, dalam waktu lima hari. Itu catatan saya tercepat membaca sebuah novel, karena masih ada beberapa novel yang belum berhasil saya selesaikan, alasannya satu.....membosankan. Bila ditanya berapa nilai yang diberikan dalam skala 1 sampai 10, saya akan memberi nilai 9. Sebuah angka tinggi untuk sebuah karya, selama ini saya jarang memberikan nilai murah, kalau bukan karya yang berkualitas. Novel ini menghibur, memesona dan berkualitas.

Melalui novel ini saya mendapat banyak pelajaran. Ibarat seorang wanita (saya pria lho ya) yang tak pernah bosan belanja, ibarat perokok yang tak bisa lepas dari jeratan candu asap tembakau mungkin ini yang saya rasakan ketika membaca novel ini. Istri saya sampai penasaran seperti apa sih isi novelnya hingga bisa membuat saya tertawa sendiri, sekedar nyengir hingga mengerutkan dahi. Dari tiap kalimat yang ditampilkan seperti tamasya dalam dunia hidup sang tokoh. Penggambaran yang detil, penguasaan materi soal perbankan, mode, kedokteran hingga esensi hidup berkeluarga.

Selama ini banyak yang menganggap belajar itu dari hal-hal yang baik saja. Tak ingin bercerai, belajarlah pada keluarga yang harmonis, itu seperti halnya tak ingin tersandung, berjalan di jalan yang mulus. Tapi kali ini berbeda, justru mari belajar dari novel ini novel yang mengisahkan perceraian Beno dan Alexandra. Membaca kisahnya yang menarik, unik, lucu dan mengesankan. Sehingga di akhir lembar novel ini kita tahu kenapa mereka bisa bercerai dan bagaimana agar bisa menghindari perceraian.


Lesson Learn

Bila dilihat dari plot cerita mungkin klise, Alexandra dan Beno yang saling jatuh cinta baru kenal 6 bulan lalu memutuskan menikah. Tapi karena kesibukan mereka lalu bercerai. Singkat dan sederhana. Namun coba baca sedikit saja. Saya yakin Anda tak akan melewatkan lembaran berikutnya, berikutnya hingga akhir novel ini.

Selesai baca novel ini saya hanya bilang dua kata, wow, keren.

Ika menyuguhkan novel metropop dengan gaya cerdas dan blak-blakkan. Banyak joke-joke yang mengena, mulai dari Nadine Chandrawinata lalu Omas hingga Tukul Arwana. Dalam novel ini ada tiga bahasa, Bahasa Indonesia, Inggris dan Jawa. Penulis novel memiliki citarasa yang tinggi soal pemilihan kata per kata, realita yang ditampilkan, selera fashion hingga pengetahuan soal perbankan dan kesehatan.

Ika mampu memanfaatkan hobi travellingnya di berbagai tempat mulai hotel, restoran dan kuliner yang terkenal dalam detil yang menarik dalam novelnya. Satu kalimat yang tak bisa saya lupakan. "All you have to do is just give your best and never give up." Apakah sudah melalukan yang terbaik dan tak pernah menyerah? Ternyata rumus ini bukan hanya untuk kesuksesan dalam membangun kerajaan bisnis, namun Ika mengaplikasikan juga dalam kehidupan rumah tangga Alexandra dan Beno.

Mengapa mereka bisa bercerai? Jawabannya karena mungkin masing-masing belum memberikan yang terbaik untuk merawat ikatan perkawinan dan tidak pernah menyerah. Namun pembaca novel ini akan tahu bagaimana Alexandra menyerah dengan keputusan Beno yang lebih mementingkan pasiennya. Hingga tak ada waktu untuk merayakan ulang tahun perkawinan, batal nonton di bioskop atau makan malam berdua ketika handphone Beno berdering, ada pasien yang mendadak harus ia tangani.

Seusai bercerai Alexandra baru menyadari dan makin mengenal sosok Beno setelah ibu Alexandra kena serangan jantung dan Beno menolong ibunya. Bagaimana Beno harus bolak-balik merawat pasien satu ke pasien lain lalu merawat ibunya. Bagaimana Beno makin tak memperhatikan diri demi kesembuhan para pasiennya terutama juga ibu Alexandra. Dari lubuk paling dalam Alexandra masih mencintai Beno. Namun muncul Denny, teman semasa kuliah di Australia yang dulu Alexandra taksir. Dalam perjalanannya muncul benih-benih sayang, bahkan Denny melamar dan diterima Alexandra. Lalu pertanyaannya apakah Alexandra akhirnya menikah dengan Denny dan meninggalkan Beno? Penasaran? Tak rugi kalau beli buku ini di Toko Gramedia dan nikmati sajian Ika Natassa. (*)


No comments