Breaking News

Mau Belajar Make-up? Ikuti Langkah Berikut

Oriflame's Make-up - ROBERTUS RIMAWAN.


ROBERTUSSENJA.COM - Berdandan menjadi hal yang biasa dikerjakan oleh sebagian besar wanita. Tak perlu harus mahir seperti make-up artis profesional, namun cukup tahu saja apa yang seharusnya diaplikasikan ke wajah kita.

Sebagai seorang pemula, mungkin kita tidak tahu atau bingung harus memulai dari mana. Bagi Anda yang sedang memulai belajar make-up, berikut beberapa bagian dasar dalam ber-make-up.
  • Wajah   : Dibutuhkan beberapa coverage make-up untuk mendapatkan corak kulit yang sempurna seperti face cream, eye cream, face primer, foundation, concealer, powder, BB Cream, pelembab.
  • Mata     : Make-up tools yang wajib Anda miliki untuk mempercantik mata antara lain eyeliner, mascara, eyebrow pencil atau smooth definer, eyeshadow.
  • Pipi       : Untuk memberikan shading pada area pipi dibutuhkan blush on, bronzer, highlighter.
  • Bibir     : Beberapa macam pewarna bibir antara lain lipgloss, lipstick, lip stain, lip balm.

Setelah tahu bagian dasar di atas, sebenarnya untuk pemula, kita tak perlu menggunakan make-up full face yang terlihat mencolok dan menor. Berdandan natural akan jauh terlihat lebih cocok dan lebih cantik alami.

Mari kita perlajari hal-hal dasar dalam ber-make-up terlebih dahulu.

1. Pastikan wajah dalam keadaan bersih sebelum ber-make-up

Sebelum mulai ber-make-up, awali dahulu membersihkan muka dengan sabun pembersih. Wajah yang bersih penting untuk membuat make-up terlihat lebih maksimal. Kalau wajah masih kotor, make-up malah bisa membuat wajah terlihat kusam. Setelah dibersihkan, aplikasikan toner pada wajah untuk mengangkat minyak, kotoran dan kulit mati lebih maksimal, serta untuk membantu menyegarkan kulit wajah.

Recommended Products:
Untuk kulit normal & berminyak:
Pure Nature Organic Tea Tree & Rosemary Purifying Wash & Tone Gel
Untuk kulit bermasalah:
Pure Skin Face Wash dan Pure Skin Blackhead Toner Deep Action
Untuk semua jenis kulit: Essentials Fairness 5-in-1 Gel Wash

2. Lembapkan wajah

Setelah wajah bersih dan segar, oleskan pelembap merata pada wajah. Pelembap tidak hanya membuat wajah terhidrasi maksimal, tapi juga mampu memberikan nutrisi lebih untuk kulit. Ketika kondisi kulit wajah dalam keadaan lembap, make-up pun akan bertahan lebih lama.

Recommended Products:
Untuk kulit normal & berminyak:
Pure Nature Organic Tea Tree & Rosemary Oil Purifying Face Cream
Untuk kulit bermasalah:
Bioclinic Active Defence Shield Day SPF 45 (usia 40 tahun ke atas)
Optimals Even Out Day Cream SPF 20 (semua usia)
Untuk semua jenis kulit: Essentials Fairness 5-in-1 Face Cream

3. Jangan lupa gunakan krim mata

Krim mata (eye cream) seringkali diabaikan oleh kebanyakan wanita. Banyak yang lebih memilih menggunakan concealer untuk menutupi lingkaran hitam di bawah mata, padahal masalah itu bisa diselesaikan dengan penggunaan eye cream secara rutin. 

Recommended Products:
Untuk kulit normal & berminyak:
Oriflame Ecobeauty Smoothing Eye
Untuk kulit bermasalah:
Optimals Seeing is Believing Multi benefits Eye Cream
Untuk semua jenis kulit:
Essentials Eye Contour Gel

4. Face primer

Sebelum menggunakan foundation, aplikasikan face primer terlebih dahulu pada seluruh wajah untuk mendapatkan hasil tata rias yang lebih sempurna (warna kulit wajah tampak merata dan kulit terasa lembut). Face primer ini akan membantu make-up dapat bertahan lebih lama.

Recommended Products:
Oriflame Beauty Perfecting Face Primer

5. Face basic

Salah satu elemen penting dalam make-up adalah foundation. Pilihlah jenis foundation yang sesuai dengan jenis kulit dan gunakan foundation brush ketika mengaplikasikannya agar hasilnya merata ke seluruh wajah. Untuk memilih warna foundation yang sesuai dengan warna kulit, pilih 3 warna dimulai dengan warna yang lebih cerah sampai warna yang mendekati warna kulit kita. Coba usapkan ketiga warna ke tulang rahang untuk dapat memastikan warna apa yang paling mendekati dengan warna kulit Anda. Pastikan bahwa foundation menyaktu dengan warna kulit asli kita.

Recommended Products:
Very Me Smoothie Foundation (untuk semua jenis kulit terutama kulit remaja)
Oriflame Beauty Matte Control Foundation (untuk kulit berminyak)
Oriflame Beauty Whitening Foundation (mengandung SPF 15)
Everlasting Foundation (tahan sampai 24 jam)
Giordani Gold Age Defying Foundation (untuk penampilan tampak muda pada kulit dewasa)

Untuk mengaplikasikan foundation bisa menggunakan:
Very Me Sponges
Professional Foundation Brush

Jika terdapat bintik hitam/noda, jerawat maupun lingkaran hitam di bawah mata, kita bisa menyamarkannya dengan mengaplikasikan concealer.

Recommended Products:
Very Me Cover Up Concealer (untuk semua jenis kulit terutama kulit remaja)
Giordani Gold Mineral Therapy (untuk kulit dewasa)
Untuk mengaplikasikan concealer bisa menggunakan:
Professional Concealer Brush

Bagi yang tidak suka ribet atau ingin yang lebih praktis, kita bisa menggunakan BB cream. Produk inovatif ini menggabungkan beberapa manfaat seperti make-up coverage, perawatan kulit dan tabir surya.

Recommended Products:
NEW! Skin Dream BB Cream SPF 30
Diformulasikan untuk membantu menyamarkan pigmentasi, noda dan pori-pori yang tampak; membantu melembapkan dan menjadikan wajah tampak berseri. Cocok untuk kulit yang sensitif dan bersifat non-komedogenis. Tidak menyumbat pori-pori/bebas minyak.

6. Bedak

Setelah foundation dan concealer, gunakan bedak bubuk untuk membuat warna kulit wajah terlihat lebih sempurna. Sedangkan gunakan bedak padat untuk mengunci hasil riasan, setelah selesai ber-make-up. Kita bisa menggunakan kuas atau spons untuk mengaplikasikan bedak.

Recommended Products:
Oriflame Beauty Studio Artist Loose Powder (bedak bubuk)
Matte Control Pressed Powder (bedak padat untuk kulit berminyak)
Very Me No Time for Shine Powder (untuk kulit remaja)
Oriflame Beauty Studio Artist Pressed Powder (untuk kulit dewasa)

Untuk mengaplikasikan bedak bisa menggunakan:
Professional Fan Powder Brush
Giordani Gold Powder Brush

7. Mainkan beberapa warna pada kelopak mata

Ini merupakan bagian yang penting karena biasanya riasan pada mata menjadi pusat perhatian. Kita bisa bermain dengan beberapa warna untuk kelopak mata. Coba bermain dengan warna-warna yang hangat untuk tampilan yang natural, atau lebih berani dengan warna-warna terang untuk tampilan yang lebih playful!

Recommended Products:
Oriflame Beauty Colour Pro Eye Shadow Trio
Professional Double-ended Eye Shadow Brush

8. Eyeliner dan maskara

Bingkai mata kita dengan sentuhan eyeliner dan maskara dengan teknik yang tepat. Jika matamu terbilang besar, aplikasikan teknik full eyeliner untuk membuatnya terlihat lebih kecil. Untuk urusan maskara, pilih maskara dengan sikat yang tebal untuk menciptakan volume lebih pada bulu mata. Sebelum menggunakan maskara, lentikkan dulu bulu mata dengan penjepit bulu mata.

Recommended Products:
Oriflame Beauty Eye Liner Stylo
Volume Build Mascara
Eyelash Curler

9. Jangan lupa rapikan alis

Kunci penting riasan bagi pemula lainnya adalah bentuk alis yang rapi. Setelah dirapikan, pulaskan pensil alis untuk mempertegas warna alis kita. Untuk hasil yang lebih rapi, gunakan kuas khusus untuk alis.

Recommended Products:
Oriflame Beauty Smooth Definer
Professional Eyebrow Brush

10. Cheeks make-up

Kita bisa memilih jenis blush on sesuai dengan kebutuhan kita, apakah jenis cream blush atau jenis powder blush. Yang jelas pilih blush on yang cocok dengan kulit kita untuk mendapatkan tampilan make-up yang terlihat lebih segar. Prinsipnya adalah pilih blush on yang membuat pipi kita terlihat seolah-olah merona secara alami dan tidak dibuat-buat. Saat musim panas merupakan waktu yang pas menggunakan bronzer. Bronzer akan membantu contouring wajah dan membuat wajah terlihat lebih glowing. 

Recommended Products:
Oriflame Beauty Studio Artist Cream Blush (cream blush)
Oriflame Beauty Perfect Blush (powder blush)
Giordani Gold Bronzing Pearls (bronzer)
Blush Brush

11. Lip make-up

Setelah semua area tersentuh, kita bisa mulai mengarah ke bibir. Banyak jenis dan warna lip color yang tersedia. Untuk membantu memadukan warna lip color dengan riasan, pastikan jika ingin riasan mata lebih menonjol maka sebaiknya gunakan lip color yang soft/nude. Sedangkan jika  ingin riasan bibir yang tampak menonjol, bisa memilih warna-warna yang terang atau berani seperti red velvet atau pink. Sebelum menggunakan lip make-up sebaiknya gunakan lip balm untuk menjaga kelembapan bibir.

Recommended Products:
Oriflame Beauty Lip Spa TherapyGiordani Gold Jewel Lipstick
Marcel Marongiu Lip Gloss

12. All done?

Sebelum tidur jangan lupa membersihkan make-up dengan benar. Jangan cuma cuci muka, dahulukan dengan menghilangkan semua make-up yang digunakan itu.

Recommended Products:
Oriflame Beauty All-over Make-up Remover


Tidak perlu langkah rumit untuk terlihat lebih dengan make-up kan? Ayo mulai sekarang coba lebih bersahabat dengan make-up sehingga kita bisa terlihat lebih cantik maksimal!


With love,
MUTIARA
www.IRTbekerja.com 
WhatsApp 082110107076 - PIN 22AFCF2F
YM: mutiara_octaviany

No comments