Breaking News

Buah, Sebaiknya Dikonsumsi Sebelum atau Sesudah Makan?

Pisang - SHUTTERSTOCK

Kalau lihat gambar di atas, tentu sudah tidak asing ya dengan buah PISANG. Buah pisang ini kalau dalam Bahasa Jawa dikenal dengan nama GEDHANG. GEDHANG dalam Tembung Kereta Basa (Jarwa Dhosok) = Digeget sakbubare madhang, yang artinya "dimakan sesudah makan".

Nah karena saya ini adalah keturunan Jawa asli dan orang tua sering sekali mengulang-ngulang tetembungan itu, dari situlah perlahan mulai terpatri dalam benak kalau makan pisang itu habis makan. Kemudian digeneralisir menjadi kalau makan buah itu sesudah makan. Kebiasaan inilah yang tumbuh subur di keluarga saya sedari kecil sampai saya akhirnya berkeluarga.

Hingga pada suatu waktu, saya bergabung dengan Facebook Group Food Combining Indonesia dan mempelajari hal-hal dasar dalam Food Combining ini, akhirnya saya menemukan bahwa ada yang kurang tepat dengan kebiasaan saya dan keluarga saya dalam mengonsumsi buah.

Saya juga membeli buku karangan Erikar Lebang yang berjudul Food Combining Itu Gampang. Di halaman 45 buku tersebut dituliskan bahwa:
Gula buah (fruktosa) akan memasok energi yang cepat bagi tubuh. Namun, harus dikonsumsi secara cermat dan tepat karena fruktosa bersifat merusak protein dan lemak. Serat buah juga cenderung lunak dan tidak serasi saat dipadukan dengan serat sayuran yang lebih keras.
Kondisi tersebut di ataslah yang menyebabkan buah harus dikonsumsi dalam keadaan perut kosong atau dengan memberi jarak 15-20 menit sebelum makan. Dan sesudah makan, sebaiknya kita tidak menyantap buah, setidaknya 4-5 jam kemudian. Berlaku juga untuk buah yang dibuat sebagai minuman jus.

Jedeeer...! :D
Mulai berusaha mengubah kebiasaan lama dengan kebiasaan yang lebih benar demi kesehatan tubuh. Jadi, berdasarkan Food Combining, waktu yang tepat untuk mengonsumsi buah adalah di waktu pagi hari, pada waktu pembuangan, sekitar pukul 04.00 sampai 12.00 WIB.

Semoga bermanfaat ^_^

PS: Kalau mau baca tulisan Erikar Lebang lebih lanjut tentang Food Combining, bisa hunting bukunya ke toko buku yaa... gambar sampulnya kayak di bawah ini.

www.erykar.com

No comments