Breaking News

"Rencana adalah Omong Kosong!" Ini Tips Sukses Pengusaha dari Bob Sadino

Tidak boleh cengeng dan tahan banting. Kamu jatuh, bangun lagi. 900 Kali jatuh 900 kali bangun. Bersyukurlah pada yang Kuasa. Ini jadi modal, uang belakangan. Bagaimana melepas kemiskinan? Jadilah entrepreneur! - FOTO DOKUMEN PRIBADI BOB SADINO/SITUS GASTRONOMI-AFICIOBADO

ROBERTUSSENJA.COM - Sebuah penelitian mengungkapkan, 94 persen orang yang memiliki rumah dengan harga lebih dari Rp 3 miliar, sering naik haji atau jalan-jalan ke luar negeri bukanlah pejabat, petinggi perusahaan atau orang penting. Orang-orang dalam penelitian tersebut adalah PENGUSAHA.

SIAPA tak kenal Bob Sadino, miliarder dan pengusaha sukses yang nyentrik dengan ciri khasnya bercelana pendek. Orang penting, pejabat dari dalam maupun luar negeri maklum saja dan tak mempermasalahkan dengan gaya nyentrik Bob Sadino. Bayangkan kalau kita yang menggunakan celana pendek di depan pejabat, sudah pasti dapat banyak cercaan. Berbeda dengan Bob Sadino semua bisa menerima, alasannya sederhana Bob Sadino memang berbeda.

Ia adalah sosok yang hebat. Kalau di dunia persilatan bisa dibilang suhu atau master. Ia memiliki berbagai usaha yang sukses. Ternyata kuncinya sederhana yang memang sebelumnya tak terpikir.

Penulis mencoba mencari tahu apa tips dan trik yang digunakan Bob Sadino sehingga ia sukses. Ini jawabannya. Beberapa tautan video baik wawancara maupun beberapa pernyataan motivasinya terangkum di sini.

Akun Youtube Mzu87 misalnya ia mengunggah video dengan judul 'Motivasi Sukses Bob Sadino (Cara Goblok Menjadi Sukses)'.






Berikut motivasi 'goblok' sukses ala Bob Sadino:
  1. Orang goblok tidak berpikir urutan sedang orang pinter berpikir urut
  2. Orang pintar tidak mudah percaya pada orang lain, jadi semuanya mau dikerjain sendiri, seolah tak ada yang dapat menggantikannya.  
  3. Kalau orang goblok dia akan mencari orang pintar dan harus lebih pintar darinya untuk menjalankan usahanya.  
  4. Kalau orang goblok itu tak pandai menghitung makanya lebih cepat memulai usaha. Kalau orang pinter menghitungnya njlimet jadi nggak mulai-mulai usahanya.   
  5. Orang pntar ketemu gagal, cenderung mencari kambing hitam untuk menutupi kekurangannya. lain halnya dengan orang goblok jika ketemu gagal nggak merasa kalau itu gagal karena dia merasa sedang belajar. 
  6. Bisnis itu hanya modal dengkul, bahkan kalau Anda tak mempunyai dengkul pinjam dengkul orang lain.   
  7. Jika ingin bahagia (sukses) jangan jadi karyawan. Mulai dari sekarang jadilah orang goblok, karena orang goblok tidak mudah cemen. Bergerak sesuai nalar dan bersahabat dengan kegagalan=sukses.
Sementara itu Metro TV ternyata memiliki rekaman aktivitas dan wawancara langsung dengan Bob Sadino bagaimana cara berwirausaha. Akun Bang Ngapak mengunggahnya di Youtube dengan judul, 'Bob Sadino Berbagi Tips Cara Berwirausaha Agar Sukses'.



Melalui tayangan tersebut Bob Sadino mengatakan semua orang bisa berwirausaha, siapapun. "Anda tidak boleh takut. Takut akan risiko takut gagal, tak punya duit. Melangkahlah," ujarnya sambil memperlihatkan coretan pada kertas tentang motivasi darinya. Menurut Bob sadino risiko itu adalah peluang. Ia menekankan bahwa di belakang risiko adalah peluang. Orang-orang sepertinyalah sorrang pencari risiko.  "Bahkan saya pemburu risiko. Saya tak mau risiko yang kecil-kecil saya cari risiko yang gede-gede karena apa, karena belajar," jelas dia.

Ia juga memberikan tipsnya agar jangan memiliki harapan yang muluk-muluk. Menurutnya tidak satupun kenyataan keluar sesuai dengan harapan. Jadi ia menekankan jangan banyak berharap agar tidak kecewa. Selain itu ia juga mengatakan kalau wirausaha pada dasarnya praktik langsung, segera dikerjakan. "Rencana dan wacana kapan jalannya. Rencana adalah omong kosong. Orang tanpa rencana atau tujuan bukan berarti tak bisa jalan. Orang yang nggak punya tujuan dan nggak punya rencana bisa melangkah, udah sekali melangkah ia melangkah lagi, melangkah lagi, suatu ketika ia sampai pada tujuannya," kata Bob.

Menurutnya kalau orang ingin jadi orang itu harus punya tekad yang kuat. Berani mengambil peluang, apapun peluang itu karena peluang itu segudang, langit itu peluang dimana-mana ada peluang. "Tidak boleh cengeng dan tahan banting. Kamu jatuh, bangun lagi. 900 Kali jatuh 900 kali bangun. Bersyukurlah pada yang Kuasa. Ini jadi modal, uang belakangan. Bagaimana melepas kemiskinan? Jadilah entrepreneur!" Tegasnya.

Di acara Kick Andy di Metro TV, Bob Sadino pun memberikan pencerahan. Bukan hanya mencerahkan, seperti dikutip dari Video Youtube yang diunggah Ari Agus Suwanto, Bob Sadino pun mengundang tawa.



"Bagaimana Anda sukses kalau beli celana saja nggak mampu," tanya Andy. Spontan pertanyaan itu mengundang tawa pemirsa di studio saat itu.

"Andy saya tak pernah tahu kata sukses itu apa."

"Sukses menurut Anda apa?"

"Tidak tahu!"

"Selesai Terima Kasih," jawab Andy. Percakapan ini mengundang gelak tawa banyak yang sampai terpingkal-pingkal.

Pada kesempatan tersebut Bob Sadino menceritakan kisahnya. Ia adalah drop out universitas. Tiga bulan masuk Fakultas hukum habis itu tak dilanjutkan. Ia mengawali kiprah bisnisnya dimulai dari telur. "Tahun 1970 saya perhatikan telur Indonesia kok beda. Saya menulis surat ke teman-teman di Eropa dan Belanda untuk kirim ayam-ayam yang bisa bertelur lalu saya beli majalah cara budidaya telur. Setelah saya budidayakan saya jualan telur dari rumah ke rumah, tak ada yang beli telur," ujarnya. Kemudian ia pun mengetuk rumah orang asing (bule) ternyata langsung membeli telur. "Bule itu kasihan lalu bilang udah saya datang ke rumah kamu. Itu awal usaha saya," kata Bob.

Pada kesempatan itu ia pun memberikan tipsnya. Pertama menghilangkan rasa takut untuk memulai apapun. Takut gak ada duit takut nggak ada modal, takut gagal, takut risiko ketakutan itu harus dibuang semua.

Kedua hampir sama dengan artikel sebelumnya tentang harapan. Jangan banyak mengharap karena di belakang harapan ada kekecewaan. Ia juga mengatakan kalau sandaran pertama harus punya kemauan, kemauan harus dilengkapi dengan tekad yang bulat. Harus berani mengambil peluang. Harus tahan banting dan tidak boleh cengeng.

"Mau usaha gak ada duit.Dikasih duit usaha apa yang sukses? Ada usaha gimana pemasarannya ya? Orang kayak gitu mati ajalah udah," ujarnya kemudian disambut tawa pemirsa. (robertus rimawan)

No comments