Breaking News

Wanita, Kunci Kemenangan Obama

Foto Twitter - Foto pelukan dengan sang istri yang diunggah di akun Twitter Presiden Obama menjadi trending topic, bahkan mengalahkan tweet Justin Bieber.


ROBERTUSSENJA.COM
- Masih ingat film Troy, film besutan Warner Bros dengan sutradara Wolfgang Peterson yang memukau. Film yang diangkat dari kisah nyata masa lalu yang melegenda ini membuktikan bahwa wanita memiliki kekuatan luar biasa. Melalui film ini wanita jadi pemicu perang puluhan ribu prajurit tewas untuk merebut Helen Ratu Sparta diperankan oleh Diane Kruger.

Kita simak sekilas sinopsis film Troy. Kisah ini bermula dari Helen istri Raja Sparta, Menelaus (Brendan Gleeson) dibawa kabur oleh Pangeran Kerajaan Troya, Paris (Orlando Bloom) dalam lawatan perdamaian bersama kakaknya pewaris tahta Kerajaan Troya, Hector (Eric Bana)

Agamemnon (Brian Cox) Raja Yunani yang dari dulu ingin menguasai Troya memanfaatkan hal ini. Kakak dari Raja Sparta ini menjadikan alasan adik iparnya yang dibawa kabur untuk menyulut perang. Tujuannya ingin menguasai Troya. Sudah sejak dulu Agamemnon ingin menguasai Troya namun terhalang dengan perjanjian damai antara Troya dan kerajaan Sparta milik adiknya.

Kemudian muncul sosok Achilles (Brad Pitt) prajurit besar yang tak terkalahkan. Ia dan Hector menjadi sosok central penentu kemenangan perang. Film ini banyak nilai yang bisa dipetik, film Troy menurutku film yang berkualitas dan mempertebal sikap patriotisme.

Namun bukan ini yang ingin diangkat melainkan sosok wanita yang memiliki kekuatan besar. Dalam kasus ini negatif, namun di kisah kehidupan lain banyak juga yang positif. Margaret Thatcher seorang Perdana Menteri Inggris. Wanita ini dikenal sebagai pemimpin dengan kepemimpinan tangan besi.

Di awal ia memimpin Inggris, banyak yang meragukan kemampuannya. Namun kenyataannya di masa ia memimpin perekonomian Inggris meningkat dan disegani di antara negara-negara lain. Mother Teresa, wanita yang saat ini bergelar santa ini memberikan contoh nyata dengan merawat orang sakit dan melayani penuh kasih kaum miskin. Apa yang dilakukan Bunda Teresa menjadi virus abadi yang menyebar di seluruh dunia.

Sama, bila bertanya tentang apa kunci kemenangan Barack Obama atas penantangnya Mitt Romney dalam merengkuh kursi Presiden 2012 hingga empat tahun mendatang kuncinya pada wanita.

Bukan hanya Michelle Obama sosok istri Obama yang berikan dukungan luar biasa, namun menurut Allan Lichtman, profesor ilmu politik di American University di Washington karena dukungan dari pemilih wanita. Seperti yang dilansir dari VOA Indonesia Lichtman mengatakan Obama memenangi pemilih perempuan sedangkan mayoritas laki-laki memilih Romney.

Selain suara dari wanita, Obama juga mendapatkan banyak suara dari kelompok minoritas, terutama kaum Hispanik yang memberikan dukungan terbesar untuk Partai Demokrat sejak tahun 1996.

Lichtman menyarankan agar Partai Republik memperluas pendukungnya. "Partai Republik tidak akan bertahan kecuali mereka menemukan jalan keluar. Tetapi itu sangat sulit bagi mereka untuk menarik kaum minoritas dan perempuan mengingat sikap mereka terhadap aborsi, imigrasi dan hak-hak sipil. Inilah tugas sulit bagi Partai Republik," ujarnya.

Jadi bila ingin menjadi pemimpin jangan melupakan peran wanita dan kaum minoritas. (robertus rimawan).

No comments